WELCOME TO MY BLOG

.. dengan blog yang sederhana ini ..
.. semoga teman-teman bisa terbantu dengan apa yang saya cantumkan dalam blog ini ..
.. terimakasih atas keluangan waktunya untuk membuka blog saya ..

Minggu, 31 Mei 2009

2 . Pelemasan Anggota Tubuh


Dalam hal ini pelemasan anggota tubuh sangatlah penting sebelum kita memulai permainan drum yang dominan sekali membutuhkan gerakan anggota tubuh terutama kedua tangan dan kedua kaki kita.

Hal ini bisa kita lakukan sambil duduk dan mendengarkan musik. Lakukanlah gerakan seolah-olah kaki kanan anda memijak Pedal Bass Drum, kaki kiri anda memijak Pedal Hi-Hat trus tangan kanan anda seolah-olah ditempatkan pada cymbal hi-hat dan posisi tangan kiri pada snare drum. Perhatikan setiap ketukan drum pada musik yang anda putar sambil anda ikuti suwara drum tersebut dengan gerakan tangan dan kaki anda.

Supaya ngga terlalu silit, putarlah musik yang ngga terlalu ngbit/ cepat


3. Melatih Feeling


Untuk melatih feeling kita cukup sering mendengarkan musik aja.

Kita mulai dari latar belakangnya. Drum bukan sebuah instrumen yang ergonomis. Dalam artian, drum membutuhkan ruangan yang luas dan khusus (studio.red) -- khususnya drum, akustik. Harga drumsetnya sendiri tidak terbilang murah.

Pengguna aktif metode ini biasnya orang yang memiliki alokasi dana yg terbatas. Bukan mereka tidak punya uang, namun rasanya terlalu dini mengeluarkan uang lebih, untuk sesuatu yang baru dimulai. Begitu juga dengan orang-orang yang memilik keterbatasan tempat. Apa lagi kalo kos atau numpang seperti saya.

Metode ini juga tidak terbatas bagi orang-orang awam. Banyak drummer, bahkan yg pro, memilih berlatih drum tanpa drumset. Kenapa? Karena itu berarti membatasi ruang gerak. Berlatih harus bisa dimana saja, sehingga selain lebih efektif, progresnya jg nyata.

Media berlatih jadi poin berikutnya, dan ini poin yang vital. Sebelum kita mulai, pastikan bahwa anda memiliki stick yang tepat. Anda boleh tidak memilik drum untuk berlatih, tapi tolong lah, jangan stick juga minjem.

Media berlatih ada bermacam-macam. Yang paling sering digunakan, adalah bantal yang disusun menyerupai drumset. Konyol? Hehehe memang drumming itu dimulai dengan kekonyolan kok -- bukan konyol belajar memukul alat musik?? Tapi gak usah heran, karena hampir 70% orang yang memulai belajar drum di Indonesia mulai dengan bantal.

Namun media ini, yang notabene biasa diritualkan diatas tempat tidur, memiliki kelemahan vital. Sebagian karena posisi kaki jadi terlipat. Ini membuat perbedaan sangan mencolok saat bermain di drumset sebenarnya. Masih karena posisi. Metode ini merusak bentuk tubuh jika nantinya bermain di drumset sungguhan. Namun bukan awal yang buruk untuk mulai belajar drum, karena saya sendiri mulai dengan cara ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar